Berita Pilihan

Vaksinasi Ketiga, Nakes di Sumbar akan Disuntik Vaksin Moderna


Tenaga Ahli Menteri Kesehatan bidang Penanganan Pandemi Covid-19 dr. Andani Eka Putra

Tenaga Ahli Menteri Kesehatan bidang Penanganan Pandemi Covid-19 dr. Andani Eka Putra

Padang, (infosumbar) – Seluruh tenaga kesehatan (Nakes) di Sumatera Barat akan menjalani vaksin booster atau vaksinasi ketiga dengan menggunakan vaksin Moderna yang didatangkan dari Amerika Serikat.

“Untuk di Sumbar saya rasa tidak lama lagi, bisa jadi minggu depan sudah mulai dilakukan. Sekarang sedang dalam proses pengiriman,” kata Tenaga Ahli Menteri Kesehatan bidang Penanganan Pandemi Covid-19 dr. Andani Eka Putra saat dihubungi infosumbar, Senin.

Baca juga
Stok Vaksin Habis, Pemprov Sumbar Ajukan Permintaan Vaksin 500 Ribu Dosis

Ia menjelaskan, vaksin moderna tersebut memang diperuntukkan untuk seluruh tenaga kesehatan di Indonesia yang sejauh ini telibat langsung dalam penanganan pasien positif Covid-19.

“Prioritas pertama tenaga kesehatan yang ada di Rumah Sakit ya, selanjutnya nanti menyusul tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan lainnya,” kata dr. Andani.

Baca Juga
Capaian Vaksinasi Covid-19 di Sumbar, Kabupaten Agam masih Terendah

Lebih lanjut ia mengatakan, tenaga kesehatan yang akan disuntik vaksin moderna tersebut adalah Nakes yang sudah menjalani vaksinasi kedua. Vaksin Moderna menggunakan platform mRNA-1273 yang berisi gen pengkode protein antigen milik virus corona jenis baru bernama Spike.

Sebelumnya, sebanyak 3.000.060 dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. Vaksin tersebut akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksinasi tahap ketiga atau booster.

Baca Juga
Hari ini, 317 Orang Warga Sumbar Berhasil Sembuh dari Covid-19

Vaksin Moderna dikirim melalui COVAX Facility yang merupakan bukti nyata bahwa pemerintah terus berupaya keras menghadirkan vaksin COVID-19 untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Indonesia.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi dukungan dari rakyat dan Pemerintah Amerika Serikat yang mau membantu program vaksinasi Indonesia dengan mengirimkan vaksin Moderna.

“Tenaga kesehatan mengalami tekanan yang luar biasa terutama di gelombang kedua dari penularan pandemi ini, sehingga kami ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal,” kata Menkes.(agp)

Populer

To Top